43ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba Di Madinah

 

Johanes Chandra Ekajaya

Jamaah haji dari sejumlah negara terlihat mulai memadati areal Masjidil Haram di Kota Makkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Jamaah haji Indonesia sudah tiba di Kota Madinah, Arab Saudi sejak hari Selasa (9/9/16). Rombongan jamaah yang pertama adalah kloter PDG 1 dari Padang, Sumatra Barat. Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor GA 3301 yang membawa jamaah Indonesia mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah pada pukul 10.16 WAS kini sudah ada sekitar 43.032 jemaah melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi, Madinah.

Menurut Nurul, jamaah langsung dibawa ke hotel tempat para jemaah Haji menginap selama di Madinah dan disambut langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh kepada Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Penerbangan para jemaah tahun ke tahun kini semakin membaik. Walau terkadang masih delay dari Garuda Indonesia dan Saudi Airlines, keterlambatannya berkurang. Kini rata-rata delay dari Garuda Indonesia hanya berkisar 4 jam 20 menit dan Saudia Airlines hanya 21 menit.

Para jemaah Haji akan berada di Kota Madinah selama 9 hari. Selanjutnya para jemaah Haji akan melanjutkan perjalanan ke Makkah sampai puncak haji. Untuk jemaah Haji gelombang II, akan mendarat di Jeddah, lalu langsung ke Makkah. Para jemaah gelombang II baru ke Madinah setelah puncak haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *