Berkah Agustus, PLN Turunkan Tarif Listrik!

10430

PT PLN (Persero) membawa angin segar yang cukup menggembirakan di awal bulan Agustus ini. Pasalnya, di bulan Agustus ini PLN resmi menurunkan tarif listrik sekitar Rp 2 sampai 3 per kWHnya. Tentunya tarif yang diumumkan kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Bukan tanpa alasan, penurunan tarif listrik ini juga disebabkan oleh beberapa faktur salah satunya adalah penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Bukan hanya itu, patokan harga minyak mentah Indonesia juga mengalami penurunan. Faktor-faktor tersebut dibenarkan langsung oleh Agung Murdifi selaku Manajer Senior Humas PLN.

“Di bulan Juni 2016 lalu, Nilai tukar rupiah menguat cukup signifikan yakni Rp. 61,6 per dolarnya. Di bulan Mei 2016 tercatat Rp. 13.355,05 dan di bulan Juni lalu Rp. 13.419,65,” ungkap Agung Murdifi kepada rekan-rekan wartawan.

Agung Murdifi juga memastikan jika penurunan tarif ini hanya berlaku pada 12 golongan pelanggan tarif PLN. Untuk pelanggan yang menggunakan tegangan tinggi, penurunan tarif berkisar Rp. 2 per Kwh. Sedangkan untuk tarif layanan khusus, turun tarifnya Rp. 3 per Kwh. Meskipun terbilang sangat kecil, namun ini merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat luas.

Menurut catatan milik PLN, saat ini terdapat 12,2 juta pelanggan yang termasuk ke dalam 12 golongan tersebut. Sedangkan untuk golongan rumah tangga kecil, bisnis, industri kecil, dan pelanggan sosial tidak terkena dampak penurunan tarif ini. Sebab, golongan tersebut masih mendapat subsidi dari pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *