Cacing Sutra Yang Menguntungkan

cacing sutra

Cacing meruapakan hewan yang banyak manfaatnya. Selain sebagai obat dan penyubur tanah ternyata cacing juga menjadi pakan. Peluang bisnis budidaya cacing sutra kian terbuka seiring maraknya budidaya ikan air tawar. Cacing sutra merupakan salah satu pakan favorit ikan, terutama ikan air tawar. Cacing ini memiliki kandungan gizi dan protein tinggi, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan. Salah seorang pebudidaya cacing sutra adalah Rizaldi asal Yogyakarta. Ia sudah membudidayakan cacing sutra sejak tahun 2009. “Budidaya cacing sutra masih menggiurkan karena banyak permintaan dari para pebudidaya ikan,” ujarnya.

cacing sutra

Rizal memiliki lima kolam budidaya cacing sutra. Masing-masing kolam memiliki ukuran 3 meter (m) x 3 m. Dalam sebulan, ia bisa memanen cacing sutra sebanyak dua kali. Setiap panen bisa menghasilkan 180 liter hingga 300 liter cacing sutra. Cacing tersebut dijual seharga Rp 45.000 per liter. Namun, kadang harga bisa di bawah itu, tergantung harga pasar. “Harga cacing ini memang fluktuatif,” ujarnya. Rizal bisa meraup omzet sekitar Rp 15 juta per bulan. Sebagian besar pelanggannya berasal dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Menurut Aris, sebagian besar konsumennya merupakan para pebudidaya ikan air tawar. Kadang, ia juga kerap mendapatkan pesanan dari pemasok pakan ikan. Tapi, jumlahnya tidak setinggi permintaan dari para pebudidaya ikan.

 

Dalam pemasarannya sendiri ia melakukan penitipan barang dagangannya kepada toko-toko kios pakan hewan atau ke toko-toko penjual ikan hias yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Dalam sekali mengirimkan cacing-cacingnya ini ia tak bisa menutupi semua pesanan yang cukup banyak. Hingga ia bergabung dengan sebuah kelompok agribisnis milik pengusaha Chandra Ekajaya yang akhirnya di dalamnya ia diamanati untuk mendirikan paguyuban peternak cacing bantul.

Di dalam paguyuban itu Chandra Ekajaya tidak ikut mengurusi dalam hal budidaya karena memang keahliannya hanyalah di bidang agribisnis saja. Akan tetapi ia membantu dalam proses manajemen dan juga pemasaran agar pasar cacing sutra bisa lebih luas dan menjangkau ke berbagai daerah terutama di Jawa tengah dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *