Cara Hindari Kebangkrutan

Bangkrut

Para pengusaha yang sudah kerap jatuh bangun dalam membangun bisnisnya pasti pernah mengalami kebangkrutan. Bagi mereka kebangkrutan merupakan hal yang lumrah dan wajar, sebab bangkrut inilah yang nantinya akan mengajarkan kesuksesan. Pengusaha Bob Sadino dan Hary Tanoesoedibjo merumuskan berbagai macam tips dan trik untuk membantu para calon wirausahawan atau pengusaha muda supaya terhindar dari ketakutan akan bangkrut. Kondisi dan situasinya memang sangat tidak mengenakkan bila sebuah usaha bangkrut, tetapi yang tidak diketahui oleh kebanyakan pengusaha muda adalah bangkrut tidak berdiri sendiri. Ia datang bersamaan dengan kesuksesan. Lihat saja buktinya, seluruh pengusaha yang pernah sukses pasti pernah mengalami fase bangkrut. Biasanya fase ini dialami karena adanya perencanaan yang meleset dari rancangan yang sudah ditetapkan. Ada banyak faktor yang menyebabkannya, bisa dari internal ataupun eksternal. Bila dari internal, tentu saja berhubungan dengan perencanaan yang kurang matang, buru-buru, dan gegabah. Sehingga saat dilakukan eksekusi banyak terjadi ketidaksesuaian yang menyebabkan kebangkrutan.

Bangkrut

Para calon pengusaha masih belum berani menerima kenyataan untuk bangkrut. Bila para calon pengusaha tersebut membangun bisnis di dekade yang lalu, maka kebangkrutan adalah salah satu fase yang wajib dijalani. Tetapi di era digital dengan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang dengan pesat seperti ini, maka sebenarnya pengusaha tidak perlu takut lagi menghadapi kebangkrutan. Setidaknya saat ini banyak sekali konsultan bisnis yang akan membantu pengusaha membuat rancangan bisnis secara menyeluruh dan detil. Selain itu ada banyak aplikasi teknologi yang mampu memberikan prediksi mengenai omzet, untung, dan rugi. Sehingga para calon pengusaha tidak perlu ragu dan takut lagi untuk merintis karir menjadi pengusaha. Fase bangkrut pun bisa dihindari. Bahkan bila manusia sudah mampu menentukan perkembangan dan arah gerak pasar, maka bangkrut sudah pasti tidak akan pernah ada. Karena sektor usaha apapun yang didirikan, jika memang itu menjadi kebutuhan dari masyarakat, maka produk ataupun jasa yang ditawarkan pasti akan laku.

Hindari Bangkrut

Saat ini yang bisa dilakukan oleh para calon pengusaha adalah belajar terus-menerus dari kesalahannya, dan mengambil contoh dari pengusaha yang telah sukses. Misalnya saja Bod Sadino. Banyak yang mencontoh beliau sebagai tokoh bisnisnya. Pengusaha yang mengelaborasi tokoh Bob Sadino dan Hary Tanoesoedibjo adalah pengusaha Chandra Ekajaya. Pengusaha ini sudah banyak melakukan hal yang tidak terduga dalam dunia bisnis. Inilah pengusaha Chandra Ekajaya.

Pengusaha Chandra Ekajaya sangat menjiwai semangat dari kedua tokoh pengusaha tersebut. Ia ingin menjadi seorang pengusaha yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *