Chandra Ekajaya Empat Kesalahan Saat Diet

Chandra Ekajaya (Dok)

Chandra Ekajaya yang merupakan seorang terapis gizi mengatakan bahwa diet adalah salah satu cara dari banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, rencana diet sering tidak berujung pada hasil akhir yang memuaskan.

Alih-alih menurunkan berat badan, tak jarang tubuh justru makin melebar karena salah menerapkan strategi. Chandra Ekajayamengungkapkan sejumlah kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat menjalani program diet.

Kesalahan saat diet Pertama, melewatkan jam makan. Banyak orang berpikir, melewatkan jam makan bisa menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kacaunya sistem metabolisme tubuh yang berpotensi menaikkan berat badan. Bahkan kadang dapat menimbulkan gangguan lambung yang lain.

Kesalahan saat diet Kedua, salah mengatur porsi makan. Kesalahpahaman mengenai pengaturan porsi menu adalah satu kesalahan yang paling umum dilakukan. Sereal memang satu dari sekian makanan yang bisa jadi alternatif saat melakukan diet, namun terlalu banyak mengonsumsi sereal juga tidak baik. Karena sereal tidak mengandung nutrisi makanan yang dibutuhkan tubuh secara lengkap sehingga kadang jika hanya sarapan sereal saja tidak lah cukup.

Kesalahan diet ketiga kata Chandra Ekajaya ialah, kandungan gula yang tersembunyi. Tidaklah sulit untuk melihat kandungan gula yang terdapat di dalam makanan. Namun, kesalahpahaman umum yang sering terjadi adalah menganggap bahwa pemanis makanan yang tidak mengandung gula akan baik-baik saja apabila dikonsumsi. Padahal dalam tubuh juga membutuhkan glukosa yang terkandung dalam gula tapi memang jumlahnya dibatasi jangan terlalu banyak.

Chandra Ekajaya Empat Kesalahan Saat Diet

Keempat, banyak mengonsumsi makanan rendah lemak. Banyak orang yang sedang menjalani diet membeli makanan yang rendah lemak (low-fat). Makan makanan berlemak tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Di sisi lain, lemak membantu tubuh untuk menyeimbangkan hormon, mendukung kinerja otak dan fungsi jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *