Chandra Ekajaya Inginkan Pembangunan Merata

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajayaadalah salah satu masyarakat Konawe Selatan (Konsel). Ia tidak salah memilih Surunuddin Dangga dan Arsalim Arifin sebagai pemimpinnya. Sebabnya, baru genap setahun memimpin, mereka mampu mengubah wajah Konsel lebih bagus. Yang paling menonjol adalah pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan hampir merata ke seluruh pelosok wilayah.

Sudah menjadi komitmen kami untuk membawa daerah ini lebih maju lagi. Makanya, pembangunan infrastruktur di berbagai bidang terus digenjot,” ungkap Bupati Konsel, Surunuddin Dangga,

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan setahun memimpin Konsel adalah sudah ada 1.032 kilometer jalan teraspal. Serta ada 417 jembatan berhasil dibangun. “Panjang total jembatan jembatan adalah 3.163,5 km,” ujarnya.

Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa secara umum, keberhasilan pelaksanaan kegiatan tahun 2016 adalah peningkatan jalan (pengaspalan jalan) sepanjang 10,873 KM (6 ruas). Dengan sumber dana berasal dari APBD. “Hanya sekira 6 kilometer atau dua ruas jalan bersumber dari APBN,” jelasnya.

Dok.Chandra Ekajaya

Selanjutnya, pengerasan jalan sepanjang 28,793 kilometer dengan sumber dana dari APBD. Tapi 23 kilometer diantaranya (sekira tujuh ruas) bersumber dari APBN. Dengan jalan yang beraspal dan jalan yang dikeraskan maka mobilisasi atau pergerakan penduduk akan semakin mudah dan lancar. Sehingga nantinya roda perekonomian pun akan semakin meningkat.

Kemudian, pemeliharaan rutin jalan (swakelola) sepanjang 14 km pada 4 kecamatan. Pembukaan jalan baru sepanjang 19,3 km pada ruas jalan Lapuko-Tambolosu. “Termasuk pembangunan empat buah jembatan dengan total panjang 18,77 meter,” imbuhnya.

Chandra Ekajaya sangat senang dengan niat, tekad, dan komitmen pemimpin untuk membangun Konawe Selatan. Bila pembangunan-pembangunan difungsikan untuk kepentingan masyarakat umum, maka sebagai salah satu anggota masyarakat, ia wajib mendukung segala kebijakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *