Chandra Ekajaya Tingkatkan SDM

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajayamenerangkan bahwa Pemprov Sultra terus menggenjot peningkatan sumber daya manusia di Sultra. Salah satu jadi titik fokus yakni bidang pendidikan. Bukan hanya meningkatkan kompetensi siswa, namun melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, terus melakukan peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik. Sehingga nantinya kualitas dan standar tenaga pendidik menjadi meningkat. Ini adalah tujuan dan sasaran dari dinas pendidikan.

“Jadi peningkatan SDM memang harus dibarengi dengan semua aspek, bukan hanya pendidikan namun juga derajat kesehatan masyarakat. Namun kita fokus pada pendidikan, dalam hal ini peningkatan kompetensi guru melalui bimbingan teknis, pelatihan dan beberapa sarana peningkatan kapasitas,” ujar Kadis Dikbud Sultra H Damsid.

Hingga saat ini. sebut mantan Dekan Fisip UHO ini dimulai sejak 2012 peningkatan guru terus dilakukan. Pemprov Sultra terus memberikan dukungan anggaran dalam peningkatan SDM guru. Apalagi Gubernur Sultra Nur Alam menekankan akan peningkatan angka pendidikan di Bumi Anoa.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya menambahkan bahwa dukungan anggaran yang digelontorkan cukup besar. Tahun 2012, tercatat mencapai Rp 1,12 miliar untuk 320 guru dengan kualifikasi Sarjana dan magister. Sementara dengan kualifikasi yang sama ditahun 2016 meningkat mencapai Rp 18,47 miliar dialokasikan untuk 2023 orang.

“Ini menunjukan kita serius dalam pembangunan SDM Sultra. Sehingga, pendidikan didaerah tidak jauh tertinggal dengan provinsi lain. Karena output ke depannya yakni menentukan masa depan daerah. Selain itu juga, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sangat bergantung dengan tingkat pendidikan suatu daerah,” tuturnya.

Untuk itu Chandra Ekajaya berharap semua guru bisa dan mampu memanfaatkan kesempatan dalam meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya sebagai tenaga pendidikan. Bukan hanya melalui bimbingan teknis, ataupun pelatihan kompetensi, namun banyak cara sehingga kompetensi dan kemampuannya terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *