Johannes Chandra Ekajaya – BlackBerry Mau Buat Ponsel Android, Asal…

Johannes Chandra Ekajaya – BlackBerry diduga sedang mengembangkan ponsel berbasis sistem operasi Android. Apa jawaban CEO BlackBerry, John Chen, ketika ditanya mengenai kebenaran kabar tersebut?

An Indonesian model shows a BlackBerry Z3 smartphone "Jakarta edition" during a ceremony in Jakarta on May 13, 2014. BlackBerry on May 13 launched a new budget handset in Indonesia, one of its last bastions, in the hope it will take off in emerging markets and stem a decline in the smartphone maker's fortunes. AFP PHOTO / ADEK BERRY (Photo credit should read ADEK BERRY/AFP/Getty Images)
“Kami hanya membuat ponsel yang aman dan BlackBerry adalah ponsel paling aman, jadi jika saya bisa menemukan sebuah cara untuk mengamankan ponsel Android, saya juga akan membuatnya. Jika tidak, saya tidak akan membuatnya,” ucap John Chen.

Memang jawaban itu terkesan diplomatis. Tapi tak ada sanggahan kalau BlackBerry sedang mengerjakan ponsel Android seperti yang belakangan gencar diberitakan. Kabar ini pertama kali dibocorkan Reuters yang dikenal sebagai kantor berita kredibel. Mereka mewawancarai empat sumber sekaligus soal berita tersebut.

Nah, rumor terbaru menyebutkan BlackBerry berbasis Android pertama akan bernama Prague. Prague disebut sebagai ponsel BlackBerry versi low end yang akan diplot untuk mengisi pasar negara berkembang. Desainnya sama dengan BlackBerry Z3 atau sering dijuluki BlackBerry Jakarta.

Di sisi lain, Chen berkomitmen BlackBerry akan terus membuat ponsel meski penjualannya tidak juga menggembirakan. Pada kuartal pertama 2015, ‘hanya’ 1,1 juta unit ponsel BlackBerry terjual. Beberapa analis menilai BlackBerry seharusnya fokus pada bisnis software saja.

“Saya tidak akan menyerah di bisnis hardware. Saya pikir masih ada harapan untuk menghasilkan uang di bisnis hardware,” kata Chen yang dikutip detikINET dari The Star, Rabu (24/6/2015).