Johannes Chandra Ekajaya- Google Bikin Gelang Pintar untuk Tes Narkoba

Johannes Chandra Ekajaya– Google menciptakan sebuah gelang pelacak kesehatan yang dapat digunakan untuk uji klinis maupun tes narkoba. Para dokter ataupun peneliti juga bisa mendapatkan data menit per menit dari kondisi pasien.

Perangkat ekperimental ini dikembangkan oleh divisi riset Google X. Memiliki bentuk seperti jam tangan dapat mengukur denyut nadi, irama jantung, suhu kulit. Bahkan gelang kesehatan ini bisa mengukur tingkat paparan cahaya dan kebisingan.

Kepala Tim Ilmu Pengetahuan Google, Andy Conrad mengatakan gelang kesehatan ini tidak dipasarkan bebas untuk konsumen.

075627_jam1

“Kami menciptakan ini untuk menjadi perangkat medis yang penggunaannya memakai resep atau untuk melakukan uji klinis,” ujar Conrad seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Rabu (24/6/2015).

Melihat tujuannya, jelas perangkat ini tidak untuk bersaing dengan smartwatch yang ada di pasaran. Dikatakan Conrad untuk penggunaan umum, Google telah menghadirkan fitur monitoring kesehatan pada perangkat smartwatch berbasis Android Wear.

Sementara itu Kara Dennis, Managing Director Mediata, sebuah lembaga data analisis yang berbasis di New York menyambut baik kehadiran gelang pintar Google ini. Menurutnya sudah sejak lama dunia medis mendambakan cara untuk dapat terus melacak tanda-tanda vital pasien di luar pengujian laboratorium.

“Menciptakan sebuah perangkat yang mudah digunakan oleh pasien namun dapat menangkap banyak informasi dan memiliki data akurat tidaklah mudah. Karena itu hadirnya gelang ini akan sangat membantu,” ujarnya.