Johannes Chandra Ekajaya – Ponsel 10 Core Pertama Digeber Oktober

Johannes Chandra Ekajaya – Prosesor terkencang MediaTek yakni Helio X20 yang memiliki 10 core segera memulai debutnya. Disebutkan ponsel pertama yang akan menggunakannya akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang.elephone10coreinfo

Adalah Elephone, produsen ponsel pertama yang akan membekali ponsel buatannya dengan prosesor deca (sepuluh) core Helio X20. Elephone bahkan sudah pede mengumbar waktu pasti peluncurannya yang akan dilakukan pada 20 Oktober nanti.

Helio X20 dibenamkan di Elephone P9000. Selain pakai prosesor 10 core, ponsel ini juga dilengkapi segudang jeroan kelas atas, seperti penggunaan chip grafis Mali-T800, RAM dengan besaran 4 GB, dan kamera 20,7 MP. Sedangkan layarnya berukuran 5 inch dengan resolusi full HD (1920×1080 pixel).

Memori internalnya berkapasitas 32 GB dengan tambahan slot micro SD, kamera depan 8 MP, dan baterai besar dengan kemampuan 3100 mAh. Seperti kebanyakan ponsel asal China lainnya, Elephone P9000 juga menyodorkan fitur dual-SIM.

Kembali ke prosesor deca core Helio X20, prosesor bertipe MT6797 ini punya konfigurasi core yang unik. Sepuluh core yang dimilikinya terdiri dari empat core Cortex-A53 berkecepatan 1,4 GHz untuk pekerjaan ringan dan empat core lainnya yang berkecepatan 2 GHz untuk menangani beben berat. Sedangkan dua core sisanya adalah Cortex-A72 untuk memberikan performa optimal.

Jadi Helio X20 adalah prosesor pertama yang mengandalkan arsitektur tri-cluster. Tapi walau sudah terpapar dengan jelas segala informasinya, belum ada pernyataan resmi dari pihak Elephone maupun MediaTek soal kelahiran ponsel pertama deca core ini. Sehingga soal kepastiannya masih harus menunggu kabar lebih lanjut.