Johannes Chandra Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Cupcake Kukus Lembut dan Lezat

Johannes Chandra Ekajaya – Kue cupcake merupakan hidangan kue yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang. Bentuknya yang mungil dan lucu dengan berbagai macam filling yang khas membuat kue cupcake menjadi kue yang cukup digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada umumnya, cupcake diolah dengan cara dipanggang menggunakan oven, namun ternyata cukup banyak orang yang membuat cupcake dengan cara dikukus yang mana tidak membutuhkan oven.

Selain itu, hidangan yang diolah dengan cara dikukus juga jauh lebih baik dalam segi tekstur akan menghasilkan kue cupcake yang lebih lembut. Anda yang sudah bosan menikmati kue cupcake yang dipanggang di dalam oven, mungkin bisa mencoba membuat beberapa cupcake kukus dengan mengikuti resep cupcake kukus yang tidak kalah mudahnya dengan resep cupcake yang dipanggang.

Resep Cupcake Kukus Lembut dan Lezat

resep-cara-membuat-cupcake-kukus

Bahan-bahan cupcake kukus:

o Anda membutuhkan 2 ons tepung terigu

o 30 g cokelat bubuk

o Satu sendok teh soda kue

o Satu sendok teh baking powder

o 125 gram margarin

o Membutuhkan juga 80 ml susu cair

o 150 gram gula pasir (usahakan untuk memakai gula pasir diet yang tidak tinggi kalori)

o Dan yang terakhir adalah 2 butir telur

Cara Membuat Cupcake Kukus

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat kukusan, juga loyang dan kertas cupcake

2. Setelah semua alat siap dan tersedia, lanjutkan dengan mencairkan margarin dan susu hingga margarin benar-benar mencair, rebus di dalam panci dan matikan kompor sebelum rebusan mendidih

3. Kocok telur bersamaan dengan gula pasir menggunakan whisk hingga gula larut, akan tetapi berhentilah mengocok adonan sebelum Anda menjadi berbuih terlalu banyak

4. Lanjutkan langkah pembuatan dengan mengikuti langkah selanjutnya dalam resep cupcake kukus ini dengan memasukkan tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk dan juga soda kue, aduk adonan hingga menyatu, lalu masukkan lelehan margarin dan aduk kembali hingga lelehan margarin merata dengan adonan kue cupcake kukus.

5. Setelah itu, tuangkan adonan kedalam papercup dan sisahkan sedikit, hingga tidak tumpah keluar atau memenuhi papercup. Atau lebih amannya, Anda bisa menggunakan sendok.

6. Setelah semua papercup terisi dengan adonan kue cupcake, maka lanjutkan dengan mengukus kue capcake kukus selama 20 menit atau hingga adonan kue cupcake matang.

7. Yang terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah menghias kue cupcake dengan menggunakan fondan serta warna dan bentuk yang disesuaikan dengan selera Anda. Dan kue cupcake kukus pun siap untuk disajikan dan dinikmati.

Cara membuat cupcake kukus tidaklah berbeda dengan cara membuat cupcake panggang, perbedaannya hanya terletak pada cara mematangkan adonannya saja, cupcake kukus membuat adonan matang dengan cara dikukus menggunakan kukusan dan cupcake panggang menggunakan oven untuk membuat adonan matang sempurna.

Menghidangkan cupcake sudah menjadi kebiasaan, terutama di Amerika yang konon menjadi awal mula perkembangan kue cupcake sejak abad 19, di Amerika, masyarakat biasa menyantap cupcake sebagai camilan, karena cupcake masih termasuk pada kue manis terpopuler, bersamaan dengan donat dan kue macaroon.

Bahkan penjualan kue cupcake pun tidak terbatas, dilakukan di toko kue saja, melainkan juga dijual di mobil bahkan di truk. Cupcake bisa dihidangkan sebagai camilan bahkan menu kue ulang tahun, cukup dengan menyusun kue cupcake menjadi menara tinggi seperti menara kue ulang tahun biasanyanya. Resep cupcake kukus ini cocok dinikmati selagi hangat.

oleh ; Johannes Chandra Ekajaya