Johannes Chandra Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Sayur Lodeh Labu Siam Lezat

Johannes Chandra Ekajaya – Menu makan siang harusnya yang mengenyangkan dan menggugah selera makan dan yang terpenting adalah terdiri dari empat sehat lima sempurna, mulai dari nasi putih, lauk, sayuran, buah-buahan dan susu.

Makanan empat sehat lima sempurna tersebut secara alami akan membangun daya tahan tubuh, mencegah masuknya penyakit dan meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan tubuh dan otak. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna selalu setiap harinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat sehingga tidak mudah sakit dan lelah. Salah satu jenis sayuran yang cocok dijadikan sebagai pilihan menu makan siang adalah sayur lodeh tahu dengan sayur labu siam.

Labu siam memiliki tekstur yang keras ketika mentah, namun akan menjadi lunak dan lembut setelah matang dimasak, labu siam mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, mengandung banyak senyawa aktif yang dibutuhkan. Membuat sayur lodeh tahu dengan sayur labu siam tidaklah sulit, simaklah resep sayur lodeh labu siam berikut ini.

Resep Sayur Lodeh Labu Siam

resep-cara-membuat-sayur-lodeh-labu-siam

Bahan-bahan:

– Untuk membuat sayur lodeh labu siam yang nikmat, Anda perlu menyiapkan satu buah labu siam yang telah dipotong memanjang

– Siapkan pula 100 gram putren yang telah dipotong sesuai dengan selera Anda

– Siapkan 100 gram kacang panjang yang telah dipotong-potong sepanjang 3 cm

– Siapkan 200 gram tahu putih yang telah dipotong-potong dan digoreng

– Satu buah wortel yang berukuran kecil yang telah dipotong-potong sesuai dengan selera

– Siapkan 600 ml santan

– Siapkan dua lembar daun salam dan lengkuas yang telah dimemarkan

– Siapkan gula merah dan garam secukupnya

Resep sayur lodeh labu siam untuk bumbu halus:

– Bumbu halus merupakan kunci utama dari kelezatan sayur lodeh labu siam yang Anda nikmati, selain santan, maka dari itu siapkan tiga sung bawang putih

– Siapkan empat siung bawang merah

– Siapkan pula enam buah cabai merah

– Dan siapkan setengah sendok teh ketumbar

Cara Membuat Sayur Lodeh Labu Siam

1. Membuat sayur lodeh tahu dengan sayur labu siam bisa dimulai dengan cara menumis bumbu halus sampai bumbunya harum

2. Setelah bumbu yang ditumis harum, masukkan lengkuas yang telah dimemarkan dan daun salam sambil diaduk hingga bumbu tercampur merata.

3. Masukkan santan, garam dan gula merah untuk kemudian dimasak sampai santan mendidih

4. Setelah santan mendidih, lanjutkan dengan menambahkan potongan tahu goreng, sayur labu siam, wortel serta putren ke dalamnya, masak semua sayuran hingga sayuran tampak lebih lunak.

5. Baru kemudian, tambahkan kacang panjang dan aduk kembali hingga semuanya merata dan semua sayuran matang.

6. Setelah sayuran matang, matikan kompor dan tuang sayur lodeh labu siam ke dalam mangkuk saji untuk dinikmati bersama nasi putih hangat dan lauk lainnya, serta jangan lupa menambahkan sambal.

Pada dasarnya, labu siam bisa diolah menjadi berbagai makanan yang menyehatkan, tidak hanya bisa dibuat menjadi sayur lodeh labu siam saja, namun dengan cara pengolahan ini yang mana menggunakan santan di dalamnya, tentunya rasa dan kualitas dari sayur lodeh jauh lebih tinggi.

Menikmati hidangan bersantan sudah menjadi sebuah kebiasaan, karena santan adalah salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan untuk mengolah makanan, baik itu makanan utama maupun makanan pencuci mulut. Dari resep sayur lodeh labu siam ini, Anda akan mendapatkan segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, utamanya dari segi kelengkapan sayuran.

oleh ; Johannes Chandra Ekajaya