Johannes Chandra Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Semur Daging Sapi Spesial Lezat

Johannes Chandra Ekajaya – Semur merupakan hidangan daging rebus yang berasal dari Indonesia yang diolah dengan kecap manis, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan pala sehingga kuahnya berwarna coklat pekat dan terasa manis.

Bahan utama semur adalah daging sapi dan kentang, namun tidak sedikit yang kerapkali menambahkan tahu, tempe atau telur yang disesuaikan dengan selera. Semur sudah ada sejak aba ke-9 M dan semakin kesini semakin berkembang dengan modifikasi atau percampuran bahan makanan yang lebih beragam.

Semur daging sapi adalah masakan semur yang paling populer, zaman dahulu biasanya semur disajikan disaat ada pesta adat, akan tetapi sekarang, semur bisa dihidangkan kapan saja, disaat Anda menginginkannya. Membuat semur daging sapi pun tidaklah sulit, Anda yang tertarik untuk mencoba bisa melihat resep semur daging sapi berikut ini.

Resep Semur Daging Sapi

resep-cara-membuat-semur-daging-sapi

Bahan utama:

a. Masakan semur termasuk pada jenis masakan yang paling disukai, baik oleh anak-anak sampai orang dewasa. Membuat semur daging sapi yang lezat dengan berbagai bahan utama pilihan, diantaranya ada 600 gram daging sapi bagian tanjung yang telah dipotong 5×5 cm

b. Siapkan pula satu setengah liter air yang mana digunakan untuk merebus

c. Siapkan tiga sendok makan cuka

d. Siapkan dua sendok teh gula merah dan minyak sayur untuk menggoreng daging sapi

e. Siapkan tiga sendok makan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan tiga sendok makan air

Resep semur daging sapi untuk bumbu halus:

a. Untuk cita rasa semur daging sapi yang khas, Anda membutuhkan 7 siung bawang merah

b. Sediakan 3 cm jahe

c. Sediakan satu sendok makan garam

d. Sediakan satu sendok teh merica

e. Sediakan setengah sendok teh pala

Bahan sambal:

a. Agar semur daging sapi lebih sedap ketika disantap, Anda bisa melengkapinya dengan sambal. Dan untuk membuat sambal tersebut dibutuhkan beberapa bahan sambal, diantaranya ada 75 gram cabai rawit merah

b. Siapkan pula tujuh siung bawang merah

c. Siapkan dua sendok makan air perasan jeruk lemon cui

d. Siapkan satu buah tomat merah segar

e. Siapkan satu sendok teh terasi matang

f. Siapkan setengah sendok teh garam dan lima sendok makan minyak kelapa yang sudah dipanaskan

Cara Membuat Semur Daging Sapi

resep-cara-membuat-semur-daging-sapi

1. Langkah pertama untuk membuat semur daging sapi yang lezat adalah dengan merebus daging sapi dengan air dan cuka sampai daging sapi empuk, setelah itu angkat dan tiriskan

2. Goreng daging sapi di dalam minyak panas, disarankan untuk memakai banyak minyak agar daging sapinya terendam ketika digoreng, goreng hingga daging matang dan berwarna kecoklatan.

3. Rebus kembali air kaldu sapi sampai air mendidih dengan api sedang lantas masukkan bumbu yang telah dihaluskan, daging sapi goreng serta gula merah, masak sampai bumbunya meresap dengan sempurna ke dalam daging sapi.

4. Tuang larutan tepung maizena dan masak sampai kuahnya mengental dan angkat.

5. Sajikan semur daging sapi bersama dengan sambal

6. Untuk membuat sambal, awali dengan menaruh semua bahan yang telah disediakan, kecuali minyak kelapa panas di dalam cobek. Uleg kasar dan tambahkan minyak kelapa panas lalu aduk sampai merata

Resep semur daging sapi yang lezat bisa Anda nikmati bersama anggota keluarga. Semur daging sapi dengan kuah kecoklatan yang kental akan menjadi teman makan siang yang tepat, ditemani dengan sepiring nasi hangat, sayuran dan lalapan.

oleh ; Johannes Chandra Ekajaya