Lendir Lele Ini Bermanfaat Ditangan Mahasiswa UGM

Johanes Chandra Ekajaya

 

Johanes Chandra Ekajaya

Banyak orang yang menganggap bahwa lendir lele merupakan sesuatu yang menjijikan. Namun, berbeda menurut mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Ditangan sekelompok mahasiswa Universitas Gajah Mada ini lendir lele malah bermanfaat loh. Kok bisa ya?

Sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada mengubah lendir lele menjadi obat alami luka penderita diabetes. Sekelompok peneliti tersebut adalah Joshua Alif Wendy, Raden Mas Ravi Hadyan, Dion Adiriesta Dewanda,Utami Tri Khasanah dan Megaria Ardiani.

Menurut salah satu mahasiswa, Raden Mas Ravi Hadyan, Sabtu (6/8/16) Ikan lele merupakan ikan jenis air tawar yang terkenal kuat dan tahan terhadap lingkungan air bahkan di air yang kotor. Ikan jenis ini terbilang mempunyai mekanisme imunitas kekebalan yang kompleks. Didalam lendir ikan lele terdapat senyawa protein aktif seperti Antimicrobial Peptides (AMPs). Ditemui di ruang Fortakgama UGM, Ravi menambahkan, senyawa yang mengandung pada lendir lele memiliki potensi untuk menyembuhkan luka karena memiliki aktivitas bakterisidal yang kuat untuk membunuh bakteri-bakteri patogen.

Ide membuat obat luka penderita diabetes ini mucul ketika Ia tahu bahwa ikan lele punya alat imunitas berupa lendir yang terdapat pada kulit. Berawal dari hal itu,sekelompok mahasiswa ini berinisiatif meneliti lebih dalam tentang manfaat lendir lele untuk pengobatan luka kronis pada penderita diabetes.

Proses pembuatan salep dilakukan dengan mengambil lendir tersebut dibagian punggung lele yang berumur empat hingga enam bulan kemudian disentrifugasi lalu dicampur dengan Poly Ethylen Glycon (PEG). Menurut Utami, pengujian pertama salep lendir lele dengan menggunakan tikus, dan hasilnya sangat efektif. Tikus yang diberi salep lendir lele ini dapat sembuh lebih cepat apabila dibandingkan dengan salep anti bakteri yang sudah lama beredar di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *