Memaknai Arti Pasangan Suami Istri dalam Kehidupan Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit

yohanes chandra ekajaya memahami hubungan suami istri

yohanes chandra ekajaya memahami arti pasangan

Suami, bila diibaratkan sebagai matahari, maka istri adalah sinarnya. Bila diibaratkan sebagai api, maka istri adalah panasnya. Begitulah pandangan Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit menanggapi pertanyaan salah satu muridnya mengenai pasangan suami istri. Melalui dua kalimat tersebut, pertanyaan si murid sebenarnya sudah terjawab secara tuntas dan komplit. Hanya saja, karena tingkat pemahaman yang berbeda, si murid masih sedikit kebingungan.

Oleh sebab itu Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit memberikan lagi perumpamaan-perumpaan untuk memudahkan pemahaman muridnya tentang pasangan suami istri. Beliau memberikan contoh seekor burung. Bila burung itu adalah suami, maka istri bukanlah pasangan dari burung itu. Istri bukanlah burung betina. Jika suami adalah burung, maka istri adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari burung tersebut, yaitu terbang. “Mengapa burung ingin terbang? Karena ia mengetahui bahwa dirinya adalah burung. Begitu juga suami dan istri. Keduanya telah memahami ketetapan kehidupan.”

Kemudian Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit melanjutkan, ”suami itu seperti angin. Angin pasti bergerak, kalau ia diam, ia bukanlah angin, tetapi udara. Karena itu angin pasti bergerak. Ia memiliki hembusan, nah hembusan itulah sang istri. Pasangan suami istri itu bagaikan hujan dan airnya. Kedua entitas tersebut tidak bisa dipisahkan. Karena hujan tidak akan menjadi hujan tanpa air.”

yohanes chandra ekajaya memahami hubungan suami istri

Si murid masih sedikit bingung, maka Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit menambahkan keterangannya. “Kamu pernah ke laut” tanya beliau.

“Pernah Ki.”

“Nah, apa hubungan laut dengan gelombang?”

“Ya kalau tidak bergelombang itu bukan laut Ki. Tapi ya mungkin air kolam.”

“Yak betul… Seperti itulah pasangan suami istri,” jelas Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *