Mengenali 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Mengenali 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer
Mengenali 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Mengenali 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Mengenali 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer . Penyakit Alzheimer biasanya sering ditemukan pada orang yang lanjut usia. Gejala utama yang menonjol pada penyakit Alzheimer ini ialah hilangnya kemampuan seseorang untuk mengingat dan menyimpan ingatan masa lalu atau bahkan yang baru saja terjadi. Alzheimer bisa disebabkan oleh penyakit tertentu yang merusak kerja sel syaraf dan jaringan otak. Berikut 5 gejala penyakit Alzheimer yang telah dirangkum Johanes Chandra Ekajaya.

Hilang Ingatan Singkat

Salah satu penyakit ini yang telah diketahui orang banyak adalah hilangnya ingatan. Ini merupakan gejala Alzheimer tahap awal. Hilang ingatan dapat terjadi secara langsung walaupun penderita tersebut baru saja melakukannya. Menurut Chandra Ekajaya, penderita Alzheimer bahkan tidak bisa mengingat nama atau semua hal yang biasa ia lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sulit membaca

Seperti yang dilansir Chandra Ekajaya, penderita Alzheimer bukan hanya kehilangan ingatan, penderita Alzheimer juga akan mengalami kesulitan membaca sebuah kalimat. Hal tersebut terjadi bukan karena penglihatan mereka yang sudah tidak jernih. Penderita juga kesulitan mencerna tulisan dalam sebuah bentuk paragraf.

Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan seperti tidak bisa melihat warna, melihat suatu tempat bahkan tidak bisa membaca buku. Bahkan ketika mereka bercermin, mereka merasa bahwa bayangin pada cermin tersebut bukan dirinya.

Mengulang Kata-kata

Penderita Alzheimer sering mengulang kata-kata yang baru saja mereka ucap. Setelah mereka bertanya dan sudah dijawab, maka penderita Alzheimer akan bertanya tentang hal yang sama pula. Hal ini terjadi karena penderita merasa cemas, bosan dan linglung.

Sangat percaya diri

Penderita Alzheimer juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Padahal sebelumnya, penderita adalah pribadi yang cenderung malu. Namun, saat ia terkenal Alzheimer, ia menjadi sosok yang percaya diri dan menjadi sok akrab ketika bertemu orang lain yang baru ia temui.

Mari kita mengenali ciri-ciri gejala awal penyakit Alzheimer yang telah dirangkum Johanes Chandra Ekajaya agar kita bisa mencegahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *