Mengenang 21 Tahun Kepergian Benyamin Suaeb

Mengenang 21 Tahun Kepergian Benyamin Suaeb
Mengenang 21 Tahun Kepergian Benyamin Suaeb

Mengenang 21 Tahun Kepergian Benyamin Suaeb

Mengenang 21 Tahun Kepergian Benyamin Suaeb. Selasa, 5 September 2016 sudah memasuki tahun ke 21 meninggalnya sang legenda betawi, Benyamin Sueb, yaitu pada tanggal 5 September 1995 silam.

Pria yang akrab dipanggil Bang Ben ini menghembuskan nafas terakhir di usia 56 tahun. Sebelum meninggal, Bang Ben sempat koma beberapa hari usai main bola akibat terkena serangan jantung.

Dilansir oleh Johanes Chandra Ekajaya, Almarhum Bang Ben dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan yang rupanya bersebelahan dengan makam Bing Slamet sesuai wasiat yang pernah ia tuliskan. Bang Ben mengganggap Bing Slamet sebagai guru dan juga sebagai sosok yang sangat berpengaruh dalam hidupnya.

Semasa hidupnya sampai dengan saat ini, Bang Ben menjadi figur yang melegenda di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Betawi karena Bang Ben telah membuat budaya Betawi dikenal luas masyarakat hingga ke mancanegara. Bukan hanya sebagai legenda Betawi, nama Bang Ben juga melambung atas kesuksesan di dunia musik dan film. Bukti kesuksesannya itu dibuktikan oleh lebih dari 75 album musik dan 53 judul film yang ia bintangi.

Hasil liputan oleh Chandra Ekajaya, tiga bulan pasca meninggalnya Bang Ben, Pemerintah DKI Jakarta mengabadikan nama Benyamin Suaeb sebagai nama jalan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Dimana kawasan tersebut merupakan kampung Bang Ben dilahirkan dan dibesarkan. Hal itu dilakukan oleh Pemprov DKI sebagai penghargaan dan untuk mengenang jasa almarhum yang telah mengembangkan dan melestarikan budaya Betawi.

Dalam rangka mengenang sang legenda, hari ini Senin (5/9/16) Bens Radio sebagai radio yang didirikan oleh Bang Ben bersama komunitas para pencinta Benyamin di Indonesia mengadakan ziarah ke makam Benyamin Sueb di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *