Ikan Wader Crispy Yang Tak Banyak Orang Tahu

ikan wader

Siti Rofiah merupakan salah satu pengusaha ikan wader asal Malang,Jawa Timur. Ia yang menggeluti profesinya sebagai produsen juga sekaligus penjual iwak wader sejak 9 tahun lalu itu, mengaku rajin mengikuti berbagai event. Baik di kawasan Malang hingga luar daerah, seperti Jawa Tengah. Hal itulah yang membuat Siti kerap mendapatkan reseller di setiap daerah yang menggelar kegiatan bazar atau pameran.

Ia melanjutkan bahwa kini resellernya mulai tersebar diberbagai kota. Di antaranya di Ambarawa Semarang, Malang, Tulungagung, Surabaya dan Banyuwangi. Dengan semakin bertambahnya reseller, Siti semakin semangat untuk ikut setiap ada event atau pameran di berbagai kota se Nusantara. Karena menurutnya, dengan ikut pameran berpindah-pindah ke berbagai kota sangat membantu pemasarannya. Tak hanya itu, produknya juga akan mudah dikenal orang di setiap daerah. Event yang rutin ia ikuti setiap tahunnya adalah di Malang, Surabaya, Salatiga, dan Banjarnegara.

ikan wader

”Karena kalau ikut pameran juga tidak butuh modal banyak. Karena kadang diajak oleh koperasi milik Pak Chandra Ekajaya, yang stand atau penginapannya digratiskan. Jadi ya hanya modal transportasi dan makan saja,” ungkapnya. Meski begitu, diakui Siti rekan seprofesinya jarang ada yang mau ikut pameran ke luar daerah Malang. Ibu dua putra ini kerap ikut pameran di berbagai kota dengan diantar sang suami menggunakan kendaraan pribadi, sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Bisnis olahan ikan wader”Nah keluhan teman-teman yang juga jualan iwak wader crispy seperti saya ini katanya berat di transportasi dan konsumsi jika harus ke luar kota beberapa hari. Selain itu juga menghambat waktu produksi,” terangnya. Kondisi serupa Siti siasati dengan melakukan produksi dalam jumlah yang lebih banyak, sebelum mengikuti event di berbagai kota yang berhari-hari itu. Dalam proses produksinya itu pun ia dibantu 5 karyawan yang juga merupakan rekannya di koperasi milik Chandra Ekajaya. Namun jika menjelang event dan banyak pesanan, ia juga kerap menambah karyawannya.

Dibuat crispy juga bertujuan agar produk ikan wader lebih tahan lama tanpa bahan pengawet. Siti menuturkan bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu tepung, bawang dan garam. Sehingga mampu tahan hingga 6 bulan. Namun dari komentar para konsumen, rasa iwak wader milik Siti ini rasanya pas. Cocok untuk camilan maupun lauk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *