Rahasia Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit Belajar Ilmu Kebatinan Tanpa Guru

Rahasia Belajar Ilmu Kebatinan Tanpa Guru Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit

Rahasia Belajar Ilmu Kebatinan Tanpa Guru Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit

Dalam tradisi Jawa, ilmu sering dikelompokkan menjadi dua, yaitu ilmu kanuragan dan ilmu kasepuhan. Ilmu kanuragan merupakan ilmu yang lebih condong ke raga. Olah raga merupakan salah satu cara yang paling gampang untuk melatih kanuragan. Berbeda dengan ilmu kasepuhan, menurut Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit, ilmu kasepuhan lebih kepada cipta, rasa, dan karsa. Dalam artian yang lebih luas cenderung kepada jiwa. Awam sering menyebutnya sebagai ilmu kebatinan.

Untuk mempelajari ilmu kebatinan, tentu tidak sama caranya dengan ilmu kanuragan. Meskipun berbeda, tetapi bukan berarti ilmu kasepuhan memiliki level yang lebih tinggi dengan daripada kanuragan. Dua-duanya penting. Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit mengatakan,” ilmu kebatinan dan kanuragan itu ibarat hardware dan software, dua-duanya saling melengkapi.”

Rahasia Belajar Ilmu Kebatinan Tanpa Guru Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit

Ki Yohanes Eka Chandra Sambarlangit memberikan rahasia cara belajar ilmu kebatinan tanpa guru. Sebab, dulu beliau juga belajar ilmu kebatinan tanpa guru. Seperti ilmu kanuragan, ilmu kebatinan pun juga harus melakukan olah rasa, cipta, dan karsa. Intinya adalah olah jiwa. Setelah cipta, rasa, karsa, dan jiwa telah terolah dengan baik, baru kemudian dihibungkan frekuensinya dengan gelombang alam semesta melalui antena pemancar dan penerima yang disebut otak. Khususnya di bagian ubun-ubun. Bila otak sudah terkoneksi dengan alam semesta, raga dan jiwa kita sudah kita latih dan olah hingga titik optimal, maka kita tinggal mengunduh ilmu apa pun, termasuk ilmu kebatinan ke dalam diri kita. Jadi ilmu kebatinan itu disediakan oleh alam semesta. Oleh sebab itu, kita bisa belajar ilmu kebatinan tanpa guru, dan caranya pun sangat mudah, karena alam telah menyediakan segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *