Rahasia Supaya Nyanyi Tidak Fals

rahasia supaya tidak fals yohanes ekajaya chandra

rahasia supaya tidak fals yohanes ekajaya chandra

Pada dasarnya setiap orang bisa bernyanyi. Bila tidak ada alat musik yang mengiringinya, sebenarnya tidak ada yang fals. Hanya saja sense keindahan akan menjadi kurang, dah bahkan terasa hambar. Yohanes Ekajaya Chandra mengatakan bahwa hampir setiap manusia sudah memiliki modal yang utama, yaitu memiliki alat musik. Dalam konteks ini alat musik yang dimaksud adalah pita suara.

Ibarat alat musik, pita suara pun prinsipnya sama dengan alat musik. Bila tidak sesuai dengan nada, maka tinggal di-stem atau disetel. Yohanes Ekajaya Chandra pun juga mengatakan demikian. Maka bila ingin menyanyi tapi tidak fals, yang diperlukan adalah menyetel pita suara.

Ada berbagai cara untuk menyetel pita suara. Inilah rahasia Yohanes Ekajaya Chandra supaya tidak fals ketika bernyanyi.

  1. Rajin Minum Jamu

Yohanes Ekajaya Chandra mengatakan bahwa akar-akaran dari apotik hidup sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan suhu pita suara di dalam tubuh. Dengan menjaga kestabilan suhu, maka pita suara menjadi elastis dan fleksibel untuk menyetelnya.

  1. Rajin Berlatih

Yohanes Ekajaya Chandra mengingatkan bahwa pita suara adalah alat musik. Maka seperti layaknya alat musik, pita suara pun harus sering dilatih. Kalau biola maka ia harus sering digesek. Kalau gitar maka harus sering dipetik. Oleh sebab itu kalau pita suara maka ia harus sering bersuara.

  1. Rajin Berdoa

Yohanes Ekajaya Chandra mengingatkan supaya rajin-rajin berdoa, karena pita suara adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kalau gitar dan biola rusak masih bisa dibetulin, tetapi kalau pita suara itu tergantung kepada Tuhan, karena onderdilnya susah.

  1. Buang Rasa Malu

Membuang rasa malu untuk sementara itu perlu. Dalam konteks ini, rasa malu perlu dibuang apabila akan dan sedang bernyanyi. Meskipun pada awalnya fals. Yohanes Ekajaya Chandra menjelaskan bahwa membuang rasa malu memiliki efek yang sangat besar bagi perkembangan pita suara.

  1. Kalau Gagal Jangan Menyerah

Yohanes Ekajaya Chandra mengatakan bahwa kegagalan adalah kunci keberhasilan. Jika dengan gagal sekali saja langsung nge-drop dan minder, maka memang lebih baik tidak usah belajar bernyanyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *